Saturday, April 18, 2020

Tiga Bunga Jiwa Di Dalam



Tanpa bunga indah, tidak mungkin kupu-kupu indah berkunjung ke taman. Tanpa bunga jiwa di dalam, tidak mungkin sang Cahaya terbit di dalam. Sebagai bahan renungan, berikut 3 bunga jiwa yang mekar di dalam.

1. Luka jiwa sebagai sumber Cahaya. Dalam kehidupan orang biasa, luka jiwa membuat perjalanan jiwa berbahaya. Di tangan jiwa dewasa, luka jiwa membuat jiwa bercahaya. Orang tua bubar sebagai contoh, ia bisa digunakan sebagai tekad kuat untuk membuat keluarga selamat. Pelecehan seksual di masa kecil bisa digunakan sebagai pengingat kuat agar hati-hati dengan energi seks.

2. Berbahagia melihat orang lain bahagia. Sementara jiwa menderita tersiksa melihat tetangga berbahagia. Ia yang bunga jiwanya mekar bisa tersenyum melihat tetangga bahagia. Sekurang-kurangnya kalau ia bahagia tidak akan menyusahkan orang lain.

3. Keheningan yang melahirkan kasih sayang. Tangan boleh sibuk di keramaian, tapi pikiran istirahat dalam keheningan (baca: bebas dari penghakiman). Bukan sembarang keheningan, tapi keheningan yang menjadi rahim bagi lahirnya bayi cantik kasih sayang.

Oleh: Gede Prama

0 comments: